INKSCAPE
. Pengertian
Inkscape
Inkscape adalah
sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang
bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan
utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi
standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape bersifat cross-platform dan dapat
dijalankan pada Mac OS X (biasanya
dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk
beroperasi secara langsung dibawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows.
Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak
mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan
font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat
multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan
pada sebagian besar editor grafik vektor komersil. Pada 2010, Inkscape dalam
proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara
rutin pada setiap rilis baru.
Inkscape
dapat diinstall baik di OS Windows, Mac dan tentunya Linux (Ubuntu,
RedHat, Sabily, dan sebagainya).
B. Sejarah
Inkscape
Inkscape
dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999,
didasarkan pada Gill (Gnome
Illustration Application), buah karya dari Raph Levien.
Fork itu
dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan
pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY)
yang mengenali perbedaan-perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan
bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka
melakukan forking. Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka
dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara
lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan
sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan mengorbankan implementasi SVG.[3]
Sejak dikembangkan dalam fork
itu, Inkscape berganti dari menggunakan bahasa pemrograman C ke C++; berubah ke
GTK+ toolkit C++ bindings (gtkmm); merancang
ulang antarmuka pengguna dan menambahkan sejumlah fitur
baru. Penerapannya terhadap standar SVG telah menunjukkan perbaikan yang
signifikan, meski belum lengkap.
Lebih baik
daripada prinsip perintah atasan-bawahan, para pengembang dikondisikan dengan
budaya kesetaraan di mana ide bermunculan dari kemampuan para pengembang secara
perseorangan dan keterlibatan yang aktif di dalam proyek. Hasilnya, proyek ini
menempatkan penekanan istimewa pada pemberian akses penuh bagi semua pengembang
untuk mengakses kode sumber, dan pada keikutsertaan di dalam komunitas open source yang lebih luas (seringkali berbentuk inisiatif
antar-proyek seperti Create Project, Libre Graphics Meeting dan Open Clip Art Library). Walaupun pendatang baru dapat memainkan peranan penting, para pendiri
projek masih terwakili secara baik pada proses pengambilan keputusan. Di antara
mereka adalah "bulia byak", arsitek dari perubahan antarmuka pengguna
Inkscape yang radikal yang telah memberi Inkscape bentuknya sekarang. Antarmuka
baru itu berorientasi pada antarmuka pengguna grafik dari Xara Xtreme.
Setelah Xara
meluncurkan rencana untuk merilis aplikasi pelukisan Xara Xtreme secara open source, mereka mengungkapkan minat untuk bekerja sama dengan
Inkscape agar kedua-dua proyek ini dapat saling berbagi kode, usaha
terkoordinasi, dan membuat editor grafik open source yang lebih hebat daripada editor grafik apapun yang
tersedia secara proprietary.
Sejak 2005, Inkscape ikut serta di
dalam Summer of Code, program
dari Google.
Sejak November 2007, sistem pencarian kesalahan program Inkscape ditanam di
Sourceforge, tetapi
pada 21 November 2007 dinyatakan bahwa mereka akan memindahkannya ke Launchpad.
Salah
satu prioritas utama dari proyek Inkscape ini adalah antarmuka konsistensi dan
kegunaan. Ini termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia,
aksesibilitas keyboard universal, dan nyaman di kanvas editing. Inkscape telah
mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.
Jumlah
kotak dialog mengambang telah berkurang, dengan fungsi yang tersedia dengan
menggunakan cara pintas keyboard atau di toolbar tersedia pada jendela
pengeditan. Kontrol tool bar di bagian atas jendela selalu menampilkan
kontrol yang relevan dengan alat saat ini.
Semua
transformasi vektor, skala, rotasi dan posisi memiliki cara cepat yaitu dengan
pengubah yang konsisten, misalnya, Alt mengubah oleh 1 pixel screen pada saat
zoom, Shift mengalikan transformasi dengan 10, dll), tombol ini bekerja pada
node di Node tool serta pada objek dalam Selector Tool. Operasi yang paling
umum (seperti transformasi, zooming, z-order) memiliki satu-tombol pintas yang
mudah.
Setiap
objek dalam gambar dapat dikenakan transformasi secara acak misalnya bergerak,
berputar, scaling, skewing dan matriks. Parameter transformasi dapat
juga ditentukan secara numerik melalui dialog Transform. Transformasi dapat di
letakkan ke sudut, kotak, pedoman dan node dari objek lain. Grids, panduan dan
sifat gertakan didefinisikan pada basis per-dokumen. Sebagai alternatif, sebuah
Align dan dialog yang telah disediakan dapat melakukan tugas-tugas penyelarasan
umum pada objek yang dipilih misalnya garis mereka dalam arah yang ditentukan,
ruang mereka sama, menyerakkan mereka secara acak dan menghapus tumpang tindih
antara objek.
Obyek
dapat juga dapat dikelompokkan bersama. Kelompok benda berperilaku dalam banyak
hal seperti objek “atom” misalnya, mereka dapat kloning atau diberi warna
menggunakan cat. Benda yang membentuk kelompok dapat diedit tanpa harus
ungroup terlebih dahulu, melalui perintah Enter Kelompok, yaitu kelompok
yang kemudian dapat diedit seperti lapisan sementara. Z-urutan benda dapat
dikelola baik dengan menggunakan lapisan, atau secara manual memindahkan objek
ke atas dan ke bawah dalam tumpukan Z. Lapisan dapat dikunci atau
disembunyikan, mencegah memodifikasi dan seleksi disengaja.
Sebuah
alat khusus, membuat Klon Ubin misalnya, disediakan untuk membuat gambar
simetris atau grid-seperti menggunakan simetri pesawat. Obyek dapat
dipotong, disalin dan disisipkan menggunakan clipboard. Namun, pada versi 0.46,
Inkscape menggunakan variabel internal daripada clipboard sistem, yang
membatasi operasi copy dan paste ke salah satu contoh aplikasi. Obyek dapat
disalin antara dokumen dengan membuka mereka dari menu File di jendela sudah
dibuka, bukan dengan membuka file kedua dari shell sistem operasi.
Inkscape menyediakan tips dan petunjuk
status bar untuk semua tombol, kontrol, perintah, tombol, dan pada
kanvas-pegangan. Pesan petunjuk yang dinamis. Sebuah benda yang diberikan dapat
menampilkan hingga empat petunjuk saat mengedit hanya dengan satu alat.
Petunjuk memperbarui didasarkan pada dua item alat yang digunakan, dan jenis
objek/ menangani objek yang sedang diedit misalnya teks, bentuk, jalan, warna,
dll. maka akan muncul dengan keyboard lengkap dan referensi mouse (dalam HTML
dan SVG ) dan tutorial interaktif beberapa SVG. Latar belakang Sodipodi
(pendahulu Inkscape) didasarkan pada orang-orang dari CorelDRAW dan GIMP.
KESIMPULAN
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat
lunak bebas dibawah
lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah
menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML,
SVG, dan CSS.
Inkscape bersifat cross-platform[1]
dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat
dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz[2]), sistem operasi
berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya
Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar
untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape
bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang
sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
referensi
0 komentar:
Posting Komentar