COMPANY PROFILE
PENGERTIAN
company profile adalah sesuatu yang menjelaskan tenteng sejarah perusahan, visi dan misi perusahan, tujuan perusahan, kelebihan perusahan, produk yang dihasilkan, bergerak dalam bidang apa, dan lainnya yang mengenai perusahan
LATAR BELAKANG
company profile memiliki peranan cukup penting bagi sebuah perusahan yang melakukan business to business karena dapat mempresentasikan visi dan misi perusahan atau apa yang ingin ditaawarkan kepada konsumen. selain itu manfaat lain dari company profile sebagai sarana presentasi adalah dapat mempersingkat pertemuan sehingga klien tidak perlu bertanya secara langsung.
MAKSUD DAN TUJUAN
MAKSUD DAN TUJUAN
- untuk mengetahui company profile
- untuk mengetahui bentuk dari company profile
- untuk mengetahui tujuan dan fungsi company profile
- mengetahui faktor penting dalam company profile
- komputer atau laptop
- koneksi internet
- materi yang dipelajari
sesuai banyak materi yang dipelajari dan tingkat pemahamannya terhadap materi yang dipelajari.
PEMBAHASAN
PENGERTIAN COMPANY PROFILE
company profile (profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah bisnis. sebuah profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman,
atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun ada
sejumlah format yang berbeda yang digunakan menyusun sebuah profil, ada
beberapa jenis informasi penting yang wajib disertakan.
BENTUK-BENTUK COMPANY PROFILE
- company profile cetak merupakan jenis yang paling umum dipakai dan merupakan media yang paling mudah dan praktis untuk digunakan sebagai alat presentasi kepada klien kapanpun dan dimanapun. company profile jenis ini mengutamakan tulisan, gambar serta desain yang menarik
- company profile video merupakan bentuk company profile yang bersifat multimedia karena merupakan kombinasi gambar bergerak, foto, teks, grafik hingga suara latar yang disajikan secara menarik. pada umumnya video company profile ini berdurasi singkat, oleh karena itu harus dipikirkan matang-matang konsep serta konten apa yang akan dimasukkan jika ingin membuat company profile berbentuk ini.
- company profile website, salah satu kelebihan company profile berbentuk website adalah dari segi jangkauan, karena nantinya website perusahaan akan dapat dilihat oleh semua orang diseluruh dunia dan 24 jam sehari. ini juga merupakan jenis company profile yang bersifat multimedia.
- company profile interaktif ini menitih beratkan pada interaktifikasi, sehingg a penikmat company profile lebih terlibat untuk memilih informasi mana yang mereka butuhkan, dan berapa lama mereka menikmatinya melalui menu-menu yang disediakan. jenis company profile ini dapat diaplikasikan diberbagai macam media seperti multi-touch hingga dapat diaplikasikan di handphone atau tablet.
TUJUAN DAN FUNGSI COMPANY PROFILE
tujuan dibuatnya company profile adalah
untuk memberikan informasi selengkapnya tentang segala aspek kekuatan
perusahaan / lembaga yang dideskripsikan dalam aspek kapasitas, kualitas,
kekuatan keuangan, pengalaman, dan kemampuan menjalankan bisnis dengan cara
yang baik.
idenya adalah untuk meyakinkan pelanggan atau calon
pelanggan potensial dengan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan agar
mereka dapat mempertimbangkan menggunakan produk/jasa sebuah
perusahaan/lembaga. Company Profile akan meningkatkan nilai
perusahaan/lembaga diantara para pesaing dengan cara memengaruhi secara positif
keputusan calon pelanggan untuk menggunakan produk atau jasanya.
fungsi utama company profile adalah sebagai
media komunikasi/penyampaian informasi tertentu tentang perusahaan pada
pihak-pihak yang membutuhkan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan
fungsi potensial ini, Company Profile yang efektif paling
tidak harus memuat beberapa hal berikut :
Representatif
Desain company profile pertama-tama harus
representatif, sesuai dengan kesan, karakter dan image yang telah dibangun dan
ingin ditampilkan oleh perusahaan. Umumnya kesan, karakter dan image yang
ditampilkan pada company profile itu formal/resmi, konservatif, profesional,
punya integritas, kredibel dan akuntabel.
Tetapi ada juga perusahaan yang ingin lebih kelihatan
casual, dinamis, egaliter, ramah, hangat dan akrab, berani tampil beda sambil
tetap menjaga profesionalitas, integritas, kredibilitas dan akuntabilitas.
Pada akhirnya yang menentukan kesan, karakter dan image
seperti apa yang akan ditampilkan adalah sifat dari bisnis yang dijalankan oleh
perusahaan (company profile sebuah law firm, misalnya, pasti akan
berbeda dengan animation house), atau preferensi dari top decision maker dalam
perusahaan tersebut. Sering ditemukan company profile sebuah
perusahaan yang desainnya sangat tidak biasa, karena top decision makernya
memang menginginkan hal yang seperti itu.
Informatif
informasi yang ada ditampilkan dengan benar, akurat, dan
lengkap, dan disajikan dengan cara yang menarik, jelas dan mudah untuk
dimengerti. Untuk memenuhi kedua hal di atas, pemahaman tentang pemakaian wujud
(form) dan ruang (space), tipografi, foto/ilustrasi, warna, dan layout yang
tepat memegang peranan yang sangat penting. Selain itu perlu diperhatikan juga
cara dan metode distribusi dan penyampaiannya.
Struktur
Meski desain sebuah company profile bisa
berbeda satu sama lain, tapi struktur isinya pada dasarnya sama. Umumnya company
profile memuat hal-hal informatif seperti : sejarah perusahaan, profil
perusahaan dan divisi/unit-unit bisnis yang ada, features (tulisan khusus
tentang kekhasan perusahaan yang layak untuk diangkat), informasi produk/jasa
yang ada dan daftar klien atau proyek yang pernah dilayani atau dikerjakan oleh
perusahaan.
FAKTOR PENTING COMPANY PROFILE
Membuat company
profile merupakan hal yang mudah dan sederhana bagi semua yang
sudah terjun melakukan bisnis. Company profile merupakan
perpanjangan dari rencana bisnis, perbedaannya hanya apa yang dipresentasikan
fakta aktual dan pencapaian perusahaan bukan sekedar gambaran kesuksesan dari
perencanaan bisnis yang sedang atau akan dilakukan. Company profile yang
akan dibuat harus menarik pihak-pihak lain, dengan maksud kita membuat
sebuah profil perusahaan yang memiliki pandangan luas
terhadap objektivitas dan kebutuhan informasi yang relevan. Buatlah ekspektasi
dan kebutuhan yang mencerminkan semua hal dapat tercapai oleh perusahaan anda.
Berikut 4 hal penting yang harus diperhatikan kenapa kita harus membuat company
profile:
1.TUJUAN
Tujuan
utama dalam membuat company profile yang baik adalah untuk
mendekati pelanggan potensial dengan memasukan kelebihan perusahaan meliputi
kapasitas, kualitas, kebutuhan financial, pengalaman dan untuk memperlihatkan
kemampuan untuk memulai dan mengembangkan bisnis usaha dalam kepercayaan. Ide
yang melatarbelakangi dalam pembuatan company profile adalah
untuk meyakinkan pasar potensial dan memberikan informasi yang relevan sebagai
upaya penawaran. Company profile dapat meningkatkan
perbandingan nilai terhadap kompetitor dengan mempengaruhi secara positif
keputusan pelanggan potensial untuk memulai sebuah bisnis.Pandangan pelanggan
potensial terhadap perusahaan dipengaruhi oleh bagaimana perusahaan anda bisa
memenuhi kebutuhan pelanggan potensial tersebut.
2.
ISI
Isi
dalam sebuah company profile atau profil perusahaan anda
harus bermaterikan pengenalan, data perusahaan, struktur dan infrastruktur. Hal
yang paling penting dalam membuat sebuah company profile adalah
memperkenalkan produk, kualitas, perlengkapan, pengalaman, program jangka
pendek dan panjang serta referensi perusahaan anda dengan jelas serta
professional. Dan sangat professional untuk memperkenalkan company
profile dengan menggunakan pernyataan misi-misi perusahaan. Ada
beberapa elemen dasar pada isi suatu company profile atau profil
perusahaan yang harus dipahami dan dimengerti. Pertama adalah pelajari
bahwa company profile dapat digolongkan untuk golongan atau
kelompok tertentu, misal company profile untuk jajaran direksi
tentu berbeda isi dan design bentuknya dengan company profile untuk
menjaring kelompok atau pelanggan baru. Pada dasarnya inti dari isi
dasar profil perusahaan seperti visi misi, sejarah dan pencapaian-pencapaian,
baik itu dalam waktu dekat atau dalam jangka waktu yang panjang
3.
KEMASAN
Company
Profile mencerminkan
perusahaan anda, hal tersbut sangat penting untuk dipersiapkan secara
professional. Hal dalam membuat company profile memerlukan
penataan yang baik, tanpa kesalahan ketik, pencetakan menggunakan kertas
berkualitas serta lebih kepada warna dan struktur company profile. Dalam
mempresentasikan sebuah company profile memerlukan imajinasi
dan kreativitas sepenuhnya. halaman dalam pembuatan company profile bisa
berupa 12 halaman atau maksimum 15 halaman, perhatikan bila halaman anda
terlalu banyak atau sedikit akan mempengaruhi pelanggan potensial dalam membaca
dan memahami isi company profile. Ikuti teori AIDA (Attention,
Interest, Decision, Action) langkah demi langkah, serta lakukanlah dengan cara
yang informatif.
4.
MOMENTUM
Kapan
mengirimkan sebuah company profile kepada pelanggan potensial,
waktu menjadi sangat penting. Jangan mengirimkan company profile beserta
brosur untuk pemberitahuan. Dengan company profile anda dapat
melakukan pendekatan dengan pasar potensial secara lebih baik, benar dan sopan,
dengan kata lain berkontribusi secara positif. Jangan membuat company
profile hanya untuk saat-saat tertentu namun buatlah untuk beberapa
tahun kedepan. Membuat company profileanda up to date merupakan
hal yang baik dalam bisnis, promosi dan mencitrakan profil perusahaan.
KESIMPULAN
company profile bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. sebab hal itu merupakan salah satu media informasi bagi para pelanggan serta investor untuk
mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Dengan semakin banyak
pengetahuan pelanggan serta investor tentang perusahaan tersebut, dapat
berdampak positif bagi perushaan. Yaitu semakin yakinnya pelanggan serta
investor terhadap perusahaan sebab dilihat dari profile prusahaan
tersebut.
Untuk menambah kepercayaan pelanggan
serta investor, diperlukan sebuah company profile yang menarik dilihat
dengan memperhatikan tampilan Layout, pemilihan warna, serta kata. Tidak lupa
pula is yang terkandung dalam company profile tersebut yang sangat penting.
REFERENSI
0 komentar:
Posting Komentar