COMPANY PROFILE

PENGERTIAN
company profile adalah sesuatu yang menjelaskan tenteng sejarah perusahan, visi dan misi perusahan, tujuan perusahan, kelebihan perusahan, produk yang dihasilkan, bergerak dalam bidang apa, dan lainnya yang mengenai perusahan
LATAR BELAKANG
company profile memiliki peranan cukup penting bagi sebuah perusahan yang melakukan business to business karena dapat mempresentasikan visi dan misi perusahan atau apa yang ingin ditaawarkan kepada konsumen. selain itu manfaat lain dari company profile sebagai sarana presentasi adalah dapat mempersingkat pertemuan sehingga klien tidak perlu bertanya secara langsung.
MAKSUD DAN TUJUAN
  1. untuk mengetahui company profile
  2. untuk mengetahui bentuk dari company profile
  3. untuk mengetahui tujuan dan fungsi company profile
  4. mengetahui faktor penting dalam company profile
ALAT DAN BAHAN
  1. komputer atau laptop
  2. koneksi internet
  3. materi yang dipelajari
JANGKA WAKTU PELAKSANAN
sesuai banyak materi yang dipelajari dan tingkat pemahamannya terhadap materi yang dipelajari.
PEMBAHASAN 
https://muhammadzakinabilcompanyprofile.files.wordpress.com/2015/04/company-pro2.jpg
PENGERTIAN COMPANY PROFILE
company profile (profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah bisnis. sebuah  profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman, atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun ada sejumlah format yang berbeda yang digunakan menyusun sebuah profil, ada beberapa jenis informasi  penting yang wajib disertakan.
 BENTUK-BENTUK COMPANY PROFILE
  1. company profile cetak merupakan jenis yang paling umum dipakai dan merupakan media yang paling mudah dan praktis untuk digunakan sebagai alat presentasi kepada klien kapanpun dan dimanapun. company profile jenis ini mengutamakan tulisan, gambar serta desain yang menarik
  2. company profile  video merupakan bentuk company profile yang bersifat multimedia karena merupakan kombinasi gambar bergerak, foto, teks, grafik hingga suara latar yang disajikan secara menarik. pada umumnya video company profile ini berdurasi singkat, oleh karena itu harus dipikirkan matang-matang konsep serta konten apa yang akan dimasukkan jika ingin membuat company profile berbentuk ini.
  3. company profile website, salah satu kelebihan company profile berbentuk website adalah dari segi jangkauan, karena nantinya website perusahaan akan  dapat dilihat oleh semua orang diseluruh dunia dan 24 jam sehari. ini juga merupakan jenis company profile yang bersifat multimedia.
  4. company profile interaktif ini menitih beratkan pada interaktifikasi, sehingg a penikmat company profile lebih terlibat untuk memilih informasi mana yang mereka butuhkan, dan berapa lama mereka menikmatinya melalui menu-menu yang disediakan. jenis company profile ini dapat diaplikasikan diberbagai macam media seperti multi-touch hingga dapat diaplikasikan di handphone atau tablet.
TUJUAN DAN FUNGSI COMPANY PROFILE
tujuan dibuatnya company profile adalah untuk memberikan informasi selengkapnya tentang segala aspek kekuatan perusahaan / lembaga yang dideskripsikan dalam aspek kapasitas, kualitas, kekuatan keuangan, pengalaman, dan kemampuan menjalankan bisnis dengan cara yang baik.
idenya adalah untuk meyakinkan pelanggan atau calon pelanggan potensial dengan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan agar mereka dapat mempertimbangkan menggunakan produk/jasa sebuah perusahaan/lembaga. Company Profile akan meningkatkan nilai perusahaan/lembaga diantara para pesaing dengan cara memengaruhi secara positif keputusan calon pelanggan untuk menggunakan produk atau jasanya.
fungsi utama  company profile adalah sebagai media komunikasi/penyampaian informasi tertentu tentang perusahaan pada pihak-pihak yang membutuhkan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan fungsi potensial ini, Company Profile yang efektif paling tidak harus memuat beberapa hal berikut :
Representatif
Desain company profile pertama-tama harus representatif, sesuai dengan kesan, karakter dan image yang telah dibangun dan ingin ditampilkan oleh perusahaan. Umumnya kesan, karakter dan image yang ditampilkan pada company profile itu formal/resmi, konservatif, profesional, punya integritas, kredibel dan akuntabel. 
Tetapi ada juga perusahaan yang ingin lebih kelihatan casual, dinamis, egaliter, ramah, hangat dan akrab, berani tampil beda sambil tetap menjaga profesionalitas, integritas, kredibilitas dan akuntabilitas. 
Pada akhirnya yang menentukan kesan, karakter dan image seperti apa yang akan ditampilkan adalah sifat dari bisnis yang dijalankan oleh perusahaan (company profile sebuah law firm, misalnya, pasti akan berbeda dengan animation house), atau preferensi dari top decision maker dalam perusahaan tersebut. Sering ditemukan company profile sebuah perusahaan yang desainnya sangat tidak biasa, karena top decision makernya memang menginginkan hal yang seperti itu.
Informatif 
informasi yang ada ditampilkan dengan benar, akurat, dan lengkap, dan disajikan dengan cara yang menarik, jelas dan mudah untuk dimengerti. Untuk memenuhi kedua hal di atas, pemahaman tentang pemakaian wujud (form) dan ruang (space), tipografi, foto/ilustrasi, warna, dan layout yang tepat memegang peranan yang sangat penting. Selain itu perlu diperhatikan juga cara dan metode distribusi dan penyampaiannya. 
Struktur
Meski desain sebuah company profile bisa berbeda satu sama lain, tapi struktur isinya pada dasarnya sama. Umumnya company profile memuat hal-hal informatif seperti : sejarah perusahaan, profil perusahaan dan divisi/unit-unit bisnis yang ada, features (tulisan khusus tentang kekhasan perusahaan yang layak untuk diangkat), informasi produk/jasa yang ada dan daftar klien atau proyek yang pernah dilayani atau dikerjakan oleh perusahaan. 
FAKTOR PENTING COMPANY PROFILE
Membuat company profile merupakan hal yang mudah dan sederhana bagi semua yang sudah terjun melakukan bisnisCompany profile merupakan perpanjangan dari rencana bisnis, perbedaannya hanya apa yang dipresentasikan fakta aktual dan pencapaian perusahaan bukan sekedar gambaran kesuksesan dari perencanaan bisnis yang sedang atau akan dilakukan. Company profile yang akan dibuat harus menarik pihak-pihak lain, dengan maksud kita membuat sebuah profil perusahaan yang memiliki pandangan luas terhadap objektivitas dan kebutuhan informasi yang relevan. Buatlah ekspektasi dan kebutuhan yang mencerminkan semua hal dapat tercapai oleh perusahaan anda. Berikut 4 hal penting yang harus diperhatikan kenapa kita harus membuat company profile:
1.TUJUAN
Tujuan utama dalam membuat company profile yang baik adalah untuk mendekati pelanggan potensial dengan memasukan kelebihan perusahaan meliputi kapasitas, kualitas, kebutuhan financial, pengalaman dan untuk memperlihatkan kemampuan untuk memulai dan mengembangkan bisnis usaha dalam kepercayaan. Ide yang melatarbelakangi dalam pembuatan company profile adalah untuk meyakinkan pasar potensial dan memberikan informasi yang relevan sebagai upaya penawaran. Company profile dapat meningkatkan perbandingan nilai terhadap kompetitor dengan mempengaruhi secara positif keputusan pelanggan potensial untuk memulai sebuah bisnis.Pandangan pelanggan potensial terhadap perusahaan dipengaruhi oleh bagaimana perusahaan anda bisa memenuhi kebutuhan pelanggan potensial tersebut.
2. ISI
Isi dalam sebuah company profile atau profil perusahaan anda harus bermaterikan pengenalan, data perusahaan, struktur dan infrastruktur. Hal yang paling penting dalam membuat sebuah company profile adalah memperkenalkan produk, kualitas, perlengkapan, pengalaman, program jangka pendek dan panjang serta referensi perusahaan anda dengan jelas serta professional. Dan sangat professional untuk memperkenalkan company profile dengan menggunakan pernyataan misi-misi perusahaan. Ada beberapa elemen dasar pada isi suatu company profile atau profil perusahaan yang harus dipahami dan dimengerti. Pertama adalah pelajari bahwa company profile dapat digolongkan untuk golongan atau kelompok tertentu, misal company profile untuk jajaran direksi tentu berbeda isi dan design bentuknya dengan company profile untuk menjaring kelompok atau pelanggan baru. Pada dasarnya inti dari isi dasar profil perusahaan seperti visi misi, sejarah dan pencapaian-pencapaian, baik itu dalam waktu dekat atau dalam jangka waktu yang panjang
3. KEMASAN
Company Profile mencerminkan perusahaan anda, hal tersbut sangat penting untuk dipersiapkan secara professional. Hal dalam membuat company profile memerlukan penataan yang baik, tanpa kesalahan ketik, pencetakan menggunakan kertas berkualitas serta lebih kepada warna dan struktur company profile. Dalam mempresentasikan sebuah company profile memerlukan imajinasi dan kreativitas sepenuhnya. halaman dalam pembuatan company profile bisa berupa 12 halaman atau maksimum 15 halaman, perhatikan bila halaman anda terlalu banyak atau sedikit akan mempengaruhi pelanggan potensial dalam membaca dan memahami isi company profile. Ikuti teori AIDA (Attention, Interest, Decision, Action) langkah demi langkah, serta lakukanlah dengan cara yang informatif.
4. MOMENTUM
Kapan mengirimkan sebuah company profile kepada pelanggan potensial, waktu menjadi sangat penting. Jangan mengirimkan company profile beserta brosur untuk pemberitahuan. Dengan company profile anda dapat melakukan pendekatan dengan pasar potensial secara lebih baik, benar dan sopan, dengan kata lain berkontribusi secara positif. Jangan membuat company profile hanya untuk saat-saat tertentu namun buatlah untuk beberapa tahun kedepan. Membuat company profileanda up to date merupakan hal yang baik dalam bisnis, promosi dan mencitrakan profil perusahaan.
KESIMPULAN
company profile bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. sebab hal itu merupakan salah satu media informasi bagi para pelanggan serta investor untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Dengan semakin banyak pengetahuan pelanggan serta investor tentang perusahaan tersebut, dapat berdampak positif bagi perushaan. Yaitu semakin yakinnya pelanggan serta investor terhadap perusahaan sebab dilihat dari profile prusahaan tersebut. 
Untuk menambah kepercayaan pelanggan serta investor, diperlukan sebuah company profile yang menarik dilihat dengan memperhatikan tampilan Layout, pemilihan warna, serta kata. Tidak lupa pula is yang terkandung dalam company profile tersebut yang sangat penting.
REFERENSI

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar