KOMPOSISI WARNA

  • Pengertian Warna

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.
  • Latar Belakang

Kita ini hidup dapat melihat dunia yang luas dan beragam, dunia ini tampak sangat indah karena adanya warna, warna merupakan hal yang dapat kita lihat tapi tidak bisa kita rasakan. Warna itulah yang menyebabkan dunia terlihat berwarna-warni. Warna sekarang pun sudah terbagi menjadi bermacam macam. Dan terus mengalami pengembangan hingga saat kini. Warna pun sudah diteliti dan digunakan dari 2000 tahun yang lalu. Warna memiliki banyak sekali fungsi. Banyak orang yang mengenal warna, tapi tidak mengetahui dari mana warna berasal, apa saja macamnya, dan apa saja maknanya. Lewat makalah ini saya ingin memberikan sedikit penjelasan tentang warna. Agar kita tidak saja hanya bisa melihatnya namun juga memahaminya.
  • Maksud dan tujuan
  1. Mengetahui pengertian warna
  2. Mengetahui siapa, dimana dan kapan warna ditemukan
  3. Mengetahui perkembangan warna dari zaman ke zaman
  4. Mengetahui jenis-jenis warna
  5. Mengetahui macam-macam warna
  6. Mengetahui panjang gelombang warna
  7. Mengetahui arti warna-warna di dunia
  8. Mengetahui terbentuknya pelangi
  9. Mengetahui warna web
  10. Mengetahui buta warna
  • Alat dan bahan
    1. laptop
    2. koneksi internet
    3. materi yang dipelajari
  • Jangka waktu pelaksanan
tergantung banyak materi yang dipelajari dan tingkat pemahamannya
  • Pembahasan
Jenis-Jenis Warna 
  • Warna Primer
Warna primer menurut teori warna pigmen dari Brewster adalah warna-warna dasar. Warna-warna lain dibentuk dari kombinasi warna-warna primer.
Pada awalnya, manusia mengira bahwa warna primer tersusun atas warna Merah, Kuning, dan Hijau. Namun dalam penelitian lebih lanjut, dikatakan tiga warna primer adalah:
  1. Merah (seperti darah)
  2. Biru (seperti langit atau laut)
  3. Kuning (seperti kuning telur)
Ini kemudian dikenal sebagai warna pigmen primer yang dipakai dalam dunia seni rupa. Campuran dua warna primer menghasilkan warna sekunder. Campuran warna sekunder dengan warna primer menghasilkan warna tertier. Akan tetapi secara teknis, merahkuningbiru, sebenarnya bukan warna pigmen primer. Tiga warna pigmen primer adalah magenta, kuning dan cyan. (Oleh karena itu apabila menyebut “merah, kuning, biru” sebagai warna pigmen primer, maka “merah” adalah cara yang kurang akurat untuk menyebutkan “magenta” sedangkan “biru” adalah cara yang kurang akurat untuk menyebutkan “cyan”). Biru dan hijau adalah warna sekunder dalam pigmen, tetapi merupakan warna primer dalam cahaya, bersama dengan merah.
  • Warna Sekunder
Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer dalam sebuah ruang warna dengan perbandingan 1:1. Contohnya seperti di bawah ini.
Warna cat (RYB):
  • Biru (▄) + kuning (▄) = hijau (▄)
  • Biru (▄) + merah (▄) = ungu (▄)
  • Kuning (▄) + merah (▄) = jingga/oranye (▄)
Warna cahaya (RGB):
  • Merah (▄) + hijau (▄) = kuning (▄)
  • Merah (▄) + biru (▄) = magenta (▄)
  • Hijau (▄) + biru (▄) = cyan (▄)
Pada prinsipnya teori untuk pigmen seharusnya bisa diterapkan untuk warna cat juga. Tetapi cat yang mula-mula dipakai, pencampurannya dilakukan jauh sebelum adanya ilmu pengetahuan warna modern, dan karena pigmen yang tersedia pada masa itu juga terbatas. Khususnya warna pigmen cyan dan magenta alami sulit didapat, oleh karena itu dipakai warna biru dan merah. Dengan demikian sampai saat ini secara luas diajarkan bahwa merah, kuning dan biru adalah warna primer sedangkan jingga/orange, hijau dan ungu adalah warna sekunder.
  • Warna Tersier
Warna tersier adalah warna yang dihasilkan dari campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder dalam sebuah ruang warna.
Warna primer, sekunder dan tersier dalam lingkaran warna RYB.
Istilah “warna tersier” pada awalnya dicetuskan merujuk pada warna-warna “netral”; yang dibuat dengan mencampur tiga warna primer dalam sebuah ruang warna. Ini akan menghasilkan warna putih atau kelabu, dalam sitem warna cahaya additif, sedangkan dalam sistem warna subtraktif pada pigmen atau cat akan menghasilkan coklat, kelabu atau hitam. Pengertian seperti ini masih umum dalam banyak tulisan-tulisan teknis.
Untuk menghindari kerancuan, banyak para profesional memilih menggunakan istilah “warna intermediate”.
Klasifikasi Warna 
  • Warna Netral
Warna netral adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.
  • Warna Kontras
Warna kontras atau komplementer adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan jingga.
  • Warna Panas
Warna panas adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.
  • Warna Dingin
Warna dingin adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.
Arti Warna 
  • Merah
Melambangkan kesan energi, kekuatan, hasrat, erotisme, keberanian, simbol dari api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian, perang, bahaya, kecepatan, panas, kekerasan. Warna ini dapat menyampaikan kecenderungan untu menampilkan gambar dan teks secara lebih besar dan dekat. Warna merah dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar. Merah cocok untuk tema yang menunjukkan keberanian seseorang.
  • Putih
Menunjukkan kedamaian, Permohonan maaf, pencapaian diri, spiritualitas, kedewaan, keperawanan atau kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, takbersalah, keamanan, persatuan. Warna putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi kesan kesederhanaan dan kebersihan.
  • Hitam
Melambangkan perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidak bahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar (underground), modern music, harga diri, anti kemapanan.
Sangat tepat untuk menambahkan kesan misteri. latar belakang warna hitam dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna-warna lain.
  • Biru
Memberikan kesan Komunikasi, Peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual, tenang, kelembutan, dinamis, air, laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan, kekuatan dari adlam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri, kesadaran, pesan, ide, berbagi, idealisme, persahabatan dan harmoni, kasih sayang.
Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru tidak meminta mata untuk memperhatikan. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna Biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan.
  • Hijau
Menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, memenangkan pikiran, merangsang kreatifitas.
  • Kuning
Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah dan curiga.
Warna Kuning merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada blogsite yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan.
  • Merah Muda
Warna Merah Muda menunjukkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminin, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, perasaan yang halus, perasaan yang manis dan indah.
  • Ungu
Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri.
  • Oranye
Menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Pada Blog dapat meningkatkan aktifitas mental. Disamping itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.
  • Coklat
Menunjukkan Persahabatan, kejadian yang khusus, bumi, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu, coklat harus didukung ornament lain agar menarik.
  • Abu-Abu
Mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan, profesional, kualitas, diam, tenang.
  • Emas
Mencerminan prestos (kedudukan), kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi.
Fungsi Warna
Warna mempunyai beberapa fungsi, seperti:
  • Fungsi identitas, dimana orang mengenal sesuatu sesuai dari warnanya, seperti seragam, bendera, logo perusahaan dll.
  • Fungsi isyarat, warna memberikan tanda-tanda atas sifat dan/atau kondisi, seperti merah bisa memberikan isyarat marah atau bendera putih mengisyaratkan “menyerah”
  • Fungsi psikologis, warna juga memberikan kesan terhadap yang melihat, seperti misalnya warna hijau rumput dapat memberikan kesan yang menyegarkan
  • Fungsi alamiah, warna adalah properti benda tertentu, seperti buah tomat jarang ada yang hitam kan
    • Daftar Warna
Nama Contoh Kode Warna RGB CMYK HSV
Abu-abu
#808080 128 128 128 58, 50, 47, 0 0, 0, 50
Biru
#0000FF 0 0 255 95, 73, 0, 0 240, 100, 100
Biru dongker
#000080 0 0 128 100, 99, 56, 46 240, 100, 50
Biru laut
#00FFFF 0 255 255 100, 0, 0, 0 180,100,100
Coklat
#964B00 150 75 0

59, 82, 100, 43
30, 100, 59
Emas
#FFD700 255 215 0 0, 17, 94, 0 51, 100, 100
Hijau
#00FF00 0 255 0 62, 0, 100, 0 120, 100, 100
Hitam
#000000 0 0 0 93, 88, 89, 90 0, 0, 0
Kuning
#FFFF00 255 255 0 0, 0, 255, 0 60, 100, 100
Magenta
#FF00FF 255 0 255 0, 100, 0, 0 300, 100, 100
Mawar
#FF007F 255 0 127 0, 100, 50, 0 330, 100, 100
Merah
#FF0000 255 0 0 0, 255, 255, 0 0, 100, 100
Merah marun
#FFC0CB 128 0 0
0, 255, 255, 127
0, 100, 50
Merah jambu
#800000 255 192 203 0, 63, 52, 0 350, 25, 100
Nila
#6F00FF 111 0 255 57, 100, 0, 0 266, 100, 100
Oranye
#FF7F00 255 127 0 0, 50, 100, 0 30, 100, 100
Perak
#C0C0C0 192 192 192 0, 0, 0, 63 0, 0, 75
Putih
#FFFFFF 255 255 255 0, 0, 0, 0 0, 0, 100
Ungu
#BF00FF 191 0 255 25, 100, 0, 0 285, 100, 100
Violet
#8F00FF 143 0 255 44, 255, 0, 0 274, 100, 100
Zaitun
#808000 128 128 0 0, 0, 100, 50 60, 100, 50
  • Warna Web
Warna web adalah warna-warna yang digunakan dalam perancangan halaman-halaman web, dan juga cara mendeskripsikan dan melakukan spesifikasi dari warna-warna tersebut.
Seorang penulis halaman web memiliki banyak kebebasan dalam memilih warna yang akan digunakan bagi elemen-elemen dokumen webnya. Warna-warna yang dimaksud dapat dispesifikasikan menggunakan triplet RGB dalam format heksadesimal (disebut juga sebagai triplet heksadesimal). Cara lain adalah dengan mereferensikan warna-warna tersebut dengan namanya dalam bahasa Inggris, akan tetapi cara ini berlaku terbatas pada hanya warna-warna yang telah dikenal atau dirumuskan. Untuk variasi-variasi warna lain umumnya digunakan piranti lunak grafik atau perkakas warna untuk membuatnya. Di samping adalah contoh sebuah palet warna yang terdiri dari 2048 macam warna.
  • Buta Warna
Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.
Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan terdapat istilah ‘pembawa sifat’, hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. Perempuan dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelainan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya, tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tersebut menderita buta warna.
Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut. 
  • Kesimpulan
Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Warna ditemukan pertamakali oleh bangsa Yunani 2000 tahun SM dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang. Warna terbagi menjadi berbagai jeni. Setiap warna memiliki arti tersendiri seperti warna merah yang memiliki arti keberanian. Warna juga memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan. Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Warna web adalah warna-warna yang digunakan dalam perancangan halaman-halaman web, dan juga cara mendeskripsikan dan melakukan spesifikasi dari warna-warna tersebut. Dan warna merupakan hal yang penting bagi kita karena warnalah yang membuat hidup kita menjadi lebih indah.  

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar