Tutorial Membuat Bingkai Foto di GIMP

PENGERTIAN

GIMP / ɡ ɪ m p / (GNU Image Manipulation Program) adalah gratis dan open-source raster editor grafis digunakan untuk gambar retouching dan editing , bentuk-bebas menggambar , mengubah ukuran, cropping , foto-montages , mengkonversi antara berbagai gambar format , dan tugas-tugas yang lebih khusus. GIMP dirilis di bawah GPLv3 + lisensi dan tersedia untuk Linux , MacOS , dan Windows .

LATAR BELAKANG

Saat ini produsen software dan aparat tengah gencar mengkampanyekan penggunaan software original. Hal tersebut sempat membuat pemilik usaha warnet dan usaha lainnya waspada karena hukuman  5 tahun dan denda 500 juta menghantui mereka. Itulah ganjaran yang akan diterima apabila tebukti membajak software. Cara mengatasinya ada dua pilihan, pertama, membeli lisensi software dengan biaya yang amat mahal dan nyaris tak dapat dijangkau oleh sebagian besar pengguna komputer di negeri ini. Kedua adalah menggunakan software yang gratis atau freeware dan software open source. Bagi anda yang belum siap untuk bermigrasi ke open source atau linux dapat mencoba software open source di windows sebagai batu loncatan untuk bermigrasi ke OS linux atau open source, karena pada makalah ini akan  membahas software dari platform GNU atau linux yang dapat berjalan di OS windows. Kemampuan software open source yang akan di bahas memiliki stabilitas dan keandalan yang tidak perlu diragukan lagi. Salah satu aplikasi atau software open source untuk windows adalah GIMP (GNU Image Manipulation Program) tandingan dari photoshop.

MAKSUD DAN TUJUAN

Dengan ada artikel ini kita dapat memahami tentang tool too apa saja yang ada di aplikasi GIMP

ALAT DAN BAHAN

  1. laptop
  2. koneksi internet
  3. aplikasi GIMP

WAKTU PELAKSAAN

Tergantung banyak materi yang dipelajari dan tool tool yang terdapat di aplikasi GIMP
1. Buka Foto.

Pilih menu File>Open, cari lokasi folder foto anda, klik foto anda kemudian klik tombol Open.

Gambar: Buka foto.

2. Buat Seleksi.

Buat seleksi bingkai di sekeliling foto dengan memilih menu Select>All, kemudian pilih menu Select>Shrink. Pada jendela Shrink, saya akan mengisikan nilai 50 pixels. Klik tombol OK.

Gambar: Buat Seleksi dengan shrink.

3. Buat Quick Mask Pada Border.

Buat mask dengan cara mengklik QuickMask Button yang terletak di pojok kiri bawah jendela dokumen.

Gambar: Klik QuickMask button.

4. Terapkan Filter Spread pada Mask.

Pilih menu Filter>Noise>Spread. Pada jendela Spread, silahkan isikan jumlah noise horizontal dan vertikal kemudian klik tombol OK.

Gambar: Filter Spread.

5. Hilangkan Mask.

Hilangkan quick mask dengan mengklik QuickMask Button. Sekarang mask telah kembali menjadi seleksi.

Gambar: Klik Quick Mask Button untuk menghilangkan Mask.

6. Inversi Seleksi.

Pilih menu Select>Invert untuk menginversi seleksi.

7. Fill Area Seleksi Dengan Warna Putih.

Pilih menu Edit>Fill with BG color. Pilih menu Select>None untuk menghilangkan seleksi. Itulah cara cara sederhana membuat bingkai dalam GIMP. Mungkin anda ingin mencoba tutorial membuat frame online dengan lunapic. Berikut ini hasilnya:
Tutorial Membuat Bingkai Foto di GIMP
 KESIMPULAN
ada software GIMP ini, kita bukan hanya bisa mengoleh gambar seperti editing saja. Namun kita juga bisa membuat gambar, animasi dan lainnya pada GIMP ini
REFERENSI

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar