COVER MAJALAH

PENGERTIAN
Majalah (bahasa Inggris: magazine, periodical, glossies atau serials) adalah penerbitan yang dicetak menggunakan tinta pada kertas, diterbitkan berkala, misalnya mingguan, dwimingguan, atau bulanan. 
LATAR BELAKANG
Majalah (magazine) adalah penerbitan berkala yang berisi artikel, cerita, dan sebagainya. Kata ‘magazine’ berasal dari Bahasa Perancis ‘magasin’ yang berarti gudang atau ruang tempat menyimpan sesuatu. Majalah pertama kali diperkenalkan di negara tersebut pada abad ke-17. Karakteristik majalah yang dikenal pada masa itu adalah variasi tulisannya. Kini majalah dapat dibedakan dari koran dan buku berdasarkan format, ragam isi, dan target khalayak yang lebih spesifik.
MAKSUD DAN TUJUAN
agar dapat memperdalam ilmu tentang fotografi, tipografi, dan desain grafis
ALAT DAN BAHAN
  1. laptop atau komputer
  2. koneksi internet
  3. materi yang dipelajari
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
sesuai dengan banyak materi yang dipelajari dan tingkat pemahamannya
PEMBAHASAN
  • masthead/ nameplate / banner
 sering menggunakan typeface khusus dan dalam ukuran besar. umunya ditempatkan pada bagian 1/4 - 1/5 atas halaman pertama. agar jelas terlihat dan mudah dikenal para rak agen atau penjual
  •   volume / nomor
pada terbitan bulanan, akan ada 12 issue. ada quaterly. akan ada  6 issue. issue / nomor-nomor mulai dari bulan pertama (jadi tidak selalu bersamaan dengan bulan dalam  tahun - issue no.1 tidak harus terbit bulan januari, sebagai volume tidak perlu seperti tahun kalender). kini, lebih dipakai angka sebagai urutan dan tidak memakai jilid. beberapa desainer lebih memilih nomer issue sebagai ciri khusus, membuat nameplate / masthead lebih kuat. siapkan desain agar dapat digambarkan 2 atau 3 nomor
  • barcode
  • tanggal, harga
tanggal dan info harga biasanya terkait dengan nameplate / masthead bersama nomor issue  atau bersama barcode. hal tersebut merupakan informasi penting, tetapi tidak terlalu penting untuk pembaca, jadi cukup dalam ukuran kecil saja.
  • teaser copy
teaser copy adalah daftar beberapa topik artikel dan disertakan nomor halaman untuk mempermudah pencarian
  •  spine
    1. nama publikasi 
    2. volume, nomor, tanggal
    3. logo penerbit
    4. topik yang menarik
KESIMPULAN
kita dapat mengetahui tentang cover majalah
REFERENSI

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar