TIPS MENGATASI 3 MASALAH UMUM FOTO MAKRO DENGAN GELAS PLASTIK


PENGERTIAN
Fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop.
LATAR BELAKANG
Fotografi makro memang menyajikan banyak tantangan, tapi tiga yang paling umum adalah gerakan subjek, kamera yang goyang, dan bayangan yang keras. Ada tips untuk mengatasi hal ini tanpa harus membawa sekelompok alat bantu. Anda bahkan bisa memanfaatkan gelas plastik murah untuk digunakan pada trik ini.
MAKSUD DAN TUJUAN
agar kita dapat mengatasi masalah umum foto makro demgan gelas plastik
ALAT DAN BAHAN
  1. komputer atau laptop
  2. koneksi internet
  3. materi yang dipelajari
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
sesuai dengan banyak materi yang dipelajari dan tingkat pemahamannya
PEMBAHASAN
Dalam tips ini, seorang fotografer bernama Joseph Linaschke mengatakan bahwa hanya menggunakan alat bantu murah meriah berupa gelas plastik dapat menyelesaikan tiga masalah umum yang dialami saat memotret makro. Baik, silahkan simak tipsnya berikut ini:

Pertama, siapkan bahannya yaitu beberapa gelas plastik, gunting, kamera, dan lakban untuk perekat.

Setelah Anda memiliki semua bahan di atas, selanjutnya kita mulai dengan memotong bagian bawah gelas dan perkirakan lubang gelas yang terpotong cocok atau bisa masuk pada bagian depan lensa Anda.

Setelah gelas plastik terpasang di lensa Anda, gunakan lakban agar gelas tidak mudah lepas saat digunakan. Selanjutnya Anda tinggal mencari subjek untuk dijadikan sebagai percobaan awal.

Dengan tips ini maka tiga masalah umum fotografi makro terselesaikan, yaitu:
  • Jika subjek ingin bergerak, mereka sekarang terjebak dalam gelas. 
  • Jika Anda gemetar saat memegang kamera, Anda sekarang memiliki tumpuan stabil tanpa harus repot-repot mendirikan tripod.
  • Gelas yang Anda gunakan bertindak sebagai diffuser yang melembutkan setiap cahaya yang keras.
Selain itu efek dari memanfaatkan gelas plastik ini dapat menambah ruang ketajaman pada subjek. Anda bisa melihat perbedaan dari hasil memotret makro secara biasa dengan memotret makro menggunakan tips ini pada gambar di bawah ini:

Joseph Linaschke tidak mengatakan bahwa ukuran lensa Anda bisa menjadi batasan. Hanya saja semakin besar lensa yang Anda gunakan, maka semakin besar gelas yang Anda butuhkan, dan Anda bisa menambah beberapa gelas lagi untuk menambah panjang gelas yang akan digunakan. Tetapi yang Anda harus ingat dari tips ini bahwa setiap tantangan yang dihadapai harus mudah diatasi dengan sedikit kecerdikan.
KESIMPULAN
Fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop. Fotografi makro biasanya memiliki rasio 1:1 yaitu besar gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda aslinya. Sebagai contoh, pada film 35 mm, lensa harus dapat fokus pada area sekecil 24×36 mm, yaitu ukuran gambar pada film.
REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Fotografi_makro 
http://www.kelasfotografi.com/2015/05/tips-mengatasi-3-masalah-umum-foto.html

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar