DESAIN GRAFIS

 A.PENGERTIAN
Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

B.LATAR BELAKANG
Desain grafis tidak dapat dilepaskan dari sejarah perkembangan seni rupa. Karenanya, produk komunikasi visual tertua yang pernah ditemukan adalah lukisan gua di Lascaux, Perancis, yang diperkirakan berasal dari 15.000-10.000 SM.Simbol-simbol berbentuk ideogram ini kemudian berkembang menjadi aksara yang pada masa modern ini rutin kita gunakan di layar.

C.MAKSUD DAN TUJUAN
 Agar kita memahami dulu sebelum melakukan desain grafis terlebih dahulu

Balik ke pokok pembahasan kita,Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Dan desain grafis ini  mempunyai elemen yang terpenting saat kita memulai desain yakni

1. GARIS
Elemen pertama dan paling dasar dari desain adalah garis. Fungsinya adalah untuk memisahkan ruang dan meletakkan desain pada lokasi spesifik. Bayangkan bagaimana majalah menggunakan garis untuk memisahkan konten, hedalines dan sisi samping.
Contoh elemen garis




2. WARNA
Warna adalah elemen yang paling terlihat dari sebuah desain, baik bagi penikmat maupun desainer itu sendiri. Warna dapat berdiri sendiri sebagai latar, atau diaplikasikan ke elemen lain seperti garis, shapes, tekstur dan lain sebagainya. Warna menimbulkan mood dan menceritakan isi desain.
Contoh elemen warna
3. SHAPE
Bentuk-bentuk geometrik atau organik memberikan minat pada desain. Semua bentuk dapat dikategorikan sebagai shape sehingga Anda harus memperhatikan bagaimana seluruh elemen membentuk shape dan bagaimana mereka berinteraksi.
Contoh elemen shape



 4. SKALA
Bermain-main dengan skala dan ukuran objek, shape, tipe dan elemen lain memberikan nuansa pada desain.

5. HARMONI
Harmoni adalah tujuan utama dari desain grafis menurut para pakar. Jadi elemen ini sangat penting. Harmoni adalah apa yang Anda peroleh dari kumpulan seluruh elemen desain. Desain yang baik adalah desain yang harmonis, cukup dan tidak berlebihan.

6. TIPOGRAFI
Mungkin hal tunggal yang paling penting dari sebuah grafis adalah tifografi. Seperti warna dan teksture, pemilihan desain huruf dapat memberikan pesan kepada penikmat betapa pentingnya sebuah desain.


7. SPACE
Area kosong merupakan salah satu aspek desain yang sangat umum. Area kosong ini akan membantu menampilkan visual gambar secara utuh.


 D.KESIMPULAN
     Sebelum kita menjadi seorang desainer kita harus memahami apa itu desain grafis dan elemen-elemen penting dalam desain grafis


E.REFERENSI
   1.https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
   2.http://desainwow.com/7-elemen-dasar-desain/

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar